Berkendara Aman Saat Hujan dan Angin Kencang


Hujan deras dan angin kencang,selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara bermotor. Dua tantangan alam itu bisa membuat pengendara tak stabil. Angin kencang bisa bikin motor oleng, laju kendaraan tak stabil, dan bisa memicu kecelakaan. Sementara hujan deras, sangat mengganggu sudut pandang dan kenyamanan.
Seperti dilansir Welovehonda, agar perjalanan Anda tetap aman sampai tujuan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat melewati terjangan angin kencang dan hujan. Berikut penjelasannya.
1. Perhatikan objek yang bergerak
1824055Hujan-angin-2780x390
Ketika terjadi hujan deras dan angin kencang, biasanya ada benda-benda ringan yang mudah terbawa angin. Plastik, daun, atau objek-objek lainnya akan berterbangan mengikuti arah angin. Saat itulah, ada potensi besar menghalangi visibilitas pengendara bermotor. Ada baiknya gunakan helm full face untuk mencegah debu yang membahayakan.
2. Perhatikan arah angin bertiup

Ini sepele, tapi mutlak diperhatikan. Hal itu dikarenakan arah angin akan berhubungan erat dengan kenyamanan pengendara bermotor. Jika angin kencang datang dari kiri, terapkan sedikit tekanan pada stang sebelah kiri. Begitupun sebaliknya, jika angin kencang berhembus dari sebelah kanan, berikan sedikit tekanan pada stang sebelah kanan.
3. Gunakan kaki dan berat badan untuk menjaga keseimbangan motor
ujan lagi
Saat angin bertiup kencang, seringkali pengendara motor panik. Ada yang memilih berhenti atau mencoba melawan terjangan angin. Ketika memutuskan untuk melawan angin, dengan beragam risiko. Jika tetap memilih melanjutkan perjalanan, usahakan rileks.  Usahakan juga tubuh bagian atas tetap santai untuk mengantisipasi hembusan angin mendadak atau goncangan akibat jalan yang rusak.
4. Upayakan untuk menjaga posisi tubuh
motorujan lagi
Kenyamanan handling akan sangat terganggu ketika turun hujan atau angin kencang. Namun ada salah satu teknik yang relatif aman dan tak banyak menganggu kenyamanan handling. Caranya, saat sudah di atas motor, usahakan posisi tubuh lebih rendah dari yang biasanya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tekanan angin kencang. (HM)
sumber efekgila.com
Share on Google Plus

About Mr.K

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, dan dibagikan !!!