Koper Misterius Menlu AS Jadi Perhatian Media Rusia

 Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat tiba di Bandara Vnukovo, Moskow, 23 Maret 2016. (Foto: Rusia)

MOSKOW – Ada yang menarik dari kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry ke Moskow, Rusia pada Jumat (26/3). Saat turun dari pesawat yang membawanya, Menlu berusia 72 tahun itu tampak menenteng sebuah koper dan tas gitar tanpa bantuan dari stafnya.
Kedua benda itu tentu saja mengundang rasa penasaran mengenai benda apa yang begitu penting hingga harus dibawa sendiri oleh pejabat tinggi AS itu. Perhatian media Rusia terhadap koper dan tas gitar tersebut bahkan lebih besar dibandingkan pembicaraan yang dilakukan oleh Presiden Vladimir Putin dan Kerry.
Hal itu terlihat dari daftar pertanyaan paling populer dalam pertemuan kedua pejabat negara adidaya tersebut yang ditulis Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova.
Dalam tulisan di halaman Facebooknya, yang dilansir Sputnik, Sabtu (26/3/2016), Zakharova mengungkap empat pertanyaan yang paling populer oleh perwakilan media dalam pertemuan tersebut, yaitu:
1. Berapa banyak uang yang dibawa Kerry dalam koper tersebut?
2. Jika bukan uang lalu apa isinya?
3. Mungkinkah dia membawa (pilot Ukraina) Savchenko keluar dari penjara di dalam tas gitarnya? Dan,
4. Apa yang diberikan Kerry kepada (Menlu Rusia Sergey) Lavrov jika bukan gitar?
Sebelumnya, koper misterius itu tersebut juga mendapat perhatian dari Presiden Vladimir Putin yang bergurau dan bertanya mengenai isi koper tersebut? Menanggapi kelakar Putin, Menlu Kerry hanya mengatakan bahwa dia akan menunjukkan isi koper kepada Putin yang diyakini dapat membuat mantan agen KGB itu terkejut sekaligus senang.
Menlu Kerry melakukan kunjungan dua hari di Moskow untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Putin dan Menlu Lavrov mengenai beberapa isu yang melibatkan kedua negara.
(dka)
Share on Google Plus

About Mr.K

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, dan dibagikan !!!